Langkah-langkah Registrasi Sebagai Operator Sekolah di SDM Data Kemdikbud

Jika anda adalah Operator  Dapodik Sekolah/ Lembaga Pendidikan maka sangat penting bagi anda untuk mendaftarkan diri atau registrasi sebagai operator sekolah di sdm.data.kemdikbud.go.id

Apa itu sdm.data.kemdikbud ?

sdm.data.kemdikbud.go.id adalah Web yang dikelola oleh PUSAT DATA STATISTIK PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (PDSP-K) Kemdikbud yang berguna sebagai media komunikasi antar pengelola data pendidikan secara vertikal maupun horisontal, yang keberadaannya sebagai simpul-simpul yang memastikan bahwa data pendidikan dapat terkelola dengan baik dan optimal. Setiap operator dapodik satuan pendidikan wajib terdaftar di sini.

Jika anda sudah terdaftar sebagai operator satuan pendidikan di sdm data kemdikbud otomatis anda akan bisa mengakses link-link penting lainnya seperti vervalsp (pengelolaan data satuan pendidikan), vervalpd (pengelolaan data peserta didik) dan vervalptk (pengelolaan data pendidik dan tenaga kependidikan). Karena itu maka sangat penting bagi operator satuan pendidikan untuk registrasi di sdm data kemdikbud.

berikut saya akan coba berbagi bagaimana langkah-langkah registrasi di sdm.data.kemdikbud.go.id  

Cekidot .....

Pertama : Kita harus memiliki SK penugasan sebagai operator dapodik/pengelola data satuan pendidikan . Selanjutnya SK tersebut harus anda scan jadikan dalam format PDF (ukuran file maximal 2MB) .
Contoh SK : download 

Kedua : masuk ke situs/web sdm.data.kemdikbud.go.id melalui mesin pencarian Google di Windows/Android . Selanjutnya akan tampil front end web sdm data seperti gambar berikut: 


Ketiga : Pilih menu Registrasi Anggota lalu pilih sub menu Operator Sekolah . lihat gambar >>


Keempat : Selanjutnya akan muncul tampilan Kolom Biodata yang harus kita lengkapi sesuai biodata yang diminta . Lengkapi semua biodata sampai pada menu upload "Surat Penugasan"


Kelima : Upload surat penugasan atau SK operator yang telah kita siapkan sebelum nya dalam format PDF max 2mb . Setelah berhasil upload klik tombol registrasi sesuai gambar 4 di atas.

Keenam : Setelah klik tombol registrasi maka akan muncul tampilan pemberitahuan bahwa "Anggota baru dengan user ...... berhasil disimpan, mohon menunggu aktivasi dari PDSP dan lakukan pengecekan berkala di Status Pendaftaran". 


Ketujuh: Selanjutnya lakukan pengecekan di  menu 'status pendaftaran' untuk mengecek berhasil tidaknya registrasi yang kita lakukan . 



Akan ada pemberitahuan "akun sudah aktif, silahkan login" 1 sd 2 x 24 jam setelah kita melakukan registrasi. 



Silakan dicoba dan semoga berhasil registrasi.

Salam Satu DATA !!



0 Response to "Langkah-langkah Registrasi Sebagai Operator Sekolah di SDM Data Kemdikbud"

Post a Comment

Edaran Ditjen GTK terkait Hasil Test, Syarat dan Pemberkasan PPG Tahun 2018

Surat Edaran Ditjen GTK terkait Hasil Test, Syarat dan Pemberkasan PPG Tahun 2018  silakan di donwload pada link berikut: >>>...

Google Search

Translate

Visitors